Add to Collections
Rating
Review at:

My Collections x

7 Pilihan Karir di Dunia Esports yang Cocok untuk Gamer

Berkarir di dunia esports tak melulu harus jadi pro player, masih ada beberapa pilihan karir esports lainnya yang bisa kamu pilih. Ini panduannya!
Siapa sangka, dari hobi bermain game, kamu bisa berkarir di dunia Esports. Pasalnya, semenjak Industri esports hadir dan tumbuh pesat di Indonesia, tersedia banyak karir menjanjikan untuk kamu yang suka dengan dunia games.

Penerimaan masyarakat terhadap profesi gamer pun makin diterima dan pemerintah mulai mendukung industri ini melalui berbagai upaya baik itu mengadakan kompetisi, funding, dan lainnya.

7 Pilihan Karir di Dunia Esports yang Layak Kamu Pilih

Untuk kamu yang ingin berkarir di dunia Esports, kamu bisa memilih karir yang sudah kami list dibawah ini, ada banyak peluang karir yang menjanjikan para gamers / pecinta games tanah air, diantaranya;

1. Atlet eSports

Pilihan karir pertama, kamu bisa jadi seorang pro player. Untuk bisa berkarir jadi atlet eSports, kamu harus mulai merintis mengikuti turnamen amatir, bergabung ke tim eSports dan mengikuti sesi latihan intensif agar bisa perform bagus di ajang turnamen besar. Kalau kamu belum tahu harus mulai dari mana, coba gabung LEAD by IndiHome, disini, kamu bisa mengikuti seleksi jadi Atlet Esports.

2. Pemilik Tim / Manager

Punya keinginan untuk memiliki tim eSports milikmu sendiri? Well, menjadi pemilik tim / manager eSports bisa dijadikan pilihan yang tepat buatmu. Sebagai manager, kamu diharuskan mencari talent atlet eSports baru, mengatur kontrak kerja pemain, memotivasi tim, melakukan kemitraan dengan brand untuk pendanaan, akomodasi, menu latihan, dan persiapan mengikuti kompetisi eSports. Jika kamu merasa cocok dengan karir ini, menjadi manager tim eSports layak kamu coba.

3. Komentator / Caster eSports

Di urutan ketiga, kamu bisa menjadi seorang caster yang memandu jalannya pertandingan eSports dengan komentar-komentar menarik dan menggugah penonton untuk makin menikmati jalannya pertandingan.

4. Brand Ambassador Tim eSports

Pilihan keempat, kamu bisa menjadi BA; Brand Ambassador, sebuah tim eSports. Kamu akan menjadi ikon yang merepresentasikan dari tim eSports tempatmu bekerja.

5. Content Creator

Ya, kamu nggak salah, bahkan di dunia eSports sekalipun, posisi sebagai konten kreator sangat diperhitungkan. Khususnya, kreator yang fokus mengulas konten gaming, mereka adalah mitra yang tepat untuk mempublikasikan semua event gaming baik itu event turnamen, wawancara ekslusif, dan campaign sebuah tim eSports. Kalau kamu suka dunia games, tak ada salahnya menjadi konten kreator di bidang gaming, baik itu sebagai gaming blogger atau youtuber.

6. Official Cosplayer

Kalau kamu suka dan sering berkunjung ke event turnamen eSports, pastinya kamu pernah dong ketemu dengan cosplayer yang cantik dan tampan. Nah, para cosplayer ini juga sangat diperhitungkan oleh banyak pihak termasuk publisher game, tim eSports, atau industri game. Pasalnya, industri game paham betul bahwa para cosplayer dapat memasarkan game atau ajang eSports kepada para fans-nya.

7. Community Manager eSports

Setiap tim eSports pastinya punya penggemar fanatik, mereka rela memberikan dukungan materiil dan non-materiil kepada idolanya, dalam hal ini; pro player dan tim tempatnya bernaung. Maka, diperlukanlah seorang community manager yang bertugas untuk membangun hubungan baik dengan para fans melalui berbagai cara, misalnya; membagikan informasi terkini terkait tim eSports tempatnya bekerja, prestasi tim, event gathering dengan fans, membagikan info merchandise terbaru dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Pekerjaan saat ini sudah sangat dinamis, tidak hanya melulu jadi pekerja kantoran 9 to 5. Sekarang, kamu bisa bekerja di bidang yang kamu senangi; misalnya saja; berkarir di dunia eSports. Kalau kamu, mau berkarir sebagai apa nih gaes