Add to Collections
Rating
Review at:

Pemerintah Indonesia Majukan Industri Game Lokal lewat IGDX

IGX 2021: Konferensi Akbar untuk Game Developer Indonesia
Dailygamerpro.id – Halo gamer enthusiast, gimana kabar kalian? Udah main game apa aja minggu ini? Oh ya, tahu nggak sih, game yang sering kita mainkan nggak hanya berasal dari publisher game luar negeri aja lho, ada juga game besutan local game publisher lho. And you know, setiap tahun ada event yang dikhususkan untuk game publisher di Indonesia. Gamer wajib tahu, yuk kepoin perkembangan industri game di tanah air.

Dilansir dari Kominfo, Pemerintah Indonesia yang diwakili Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) mengadakan Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) pada tahun 2021 ini. IDGX 2021 disebut-sebut sebagai ajang bergengsi bertemunya para pelaku industri game lokal dan global serta para pengusaha game dunia.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, IDGX diadakan untuk mendorong para pelaku game lokal untuk naik level menembus dunia global.

Lebih lanjut, Dirjen Aptika mengatakan bahwa pada tahun 2017 hingga 2019, industri game di Indonesia memiliki pertumbuhan pesat baik produsen game dan penggunanya. Data tersebut ia kutip dari hasil riset kolaborasi antara AGI, Kominfo, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Pertumbuhan pesat yang dimiliki industri game Indonesia menjadi hal positif untuk industri game lokal. Namun di era globalisasi, jangkauan industri game tak hanya lingkup satu negara tapi dunia. Maka dari itu, IGDX hadir menjadi booster perkembangan industri game lokal.

IGDX 2021 - 3 Kegiatan yang Harus Kamu Ketahui tentang IGDX

IGDX 2021 ini akan berlangsung pada Oktober hingga November 2021 secara virtual. Hal ini tentu berbeda dari IGDX di tahun-tahun sebelumnya sebelum pandemi Covid-19 melanda. Ada 3 agenda yang akan dilaksanakan pada IGDX 2021 ini, yaitu:

1. IGDX Academy

Kegiatan IGDX Academy akan berlangsung pada 16 Agustus - 14 November 2021. IGDX Academy adalah ajang pelatihan untuk mempertemukan para pelaku industri game berpengalaman baik di kancah lokal maupun internasional. Para pelaku game berpengalaman tersebut diberikan mandat sebagai mentor di IGDX Academy 2021.

2. IGDX Business

Selanjutnya ada IGDX Business adalah ajang bertemunya pengembang game (game developer) lokal dengan para penerbit game (game publisher), pemerintah, game developer asing, studio game dan investor. Hal ini tentu akan menambang jejaring para pelaku industri game lokal untuk meraih kerjasama lokal maupun internasional. Acara ini akan digelar secara daring pada 18 – 21 November 2021.

3. IGDX Conference

Agenda terakhir adalah IGDX Conference yang berisi lokakarya dan seminar yang digelar pada 20 – 21 November 2021. Kegiatan tersebut akan diisi oleh narasumber yang berasal dari berbagai bidang yaitu pemerintah, investor, pelaku industri game lokal dan dunia, dan perwakilan dari industri lain yang terkait. Last but not least, bagi kamu, pelaku industri game di Indonesia, jangan sampai melewatkan kesempatan emas ini ya. Karena di event ini, kamu bisa menampilkan kreasi game terbaik kepada banyak audien Kamu bisa mendaftarkan diri di event IGDX lewat link di sidebar web kami. Namun bagi kamu yang terlambat untuk mendaftar, tidak perlu khawatir karena kamu masih bisa menantikan event IGDX di tahun berikutnya.

Referensi:
https://aptika.kominfo.go.id/2021/07/igdx-jadi-pendorong-industri-game-indonesia-agar-mampu-bersaing-global/

https://tekno.kompas.com/read/2021/07/29/16290077/kominfo-gelar-igdx-2021-ajang-kumpul-developer-game-lokal-dan-global?page=all