Add to Collections
Rating
Review at:

My Collections x

Review Game Mobile Legends Bang Bang

Penasaran dengan game mobile legends bang-bang? Ini ulasan lengkapnya!
Apakah kamu pemain game mobile legends? Kali ini, Daily Gamer Pro akan mengulas game moba 5 vs 5 besutan Moonton yang masuk ke dalam salah satu game Esports di Indonesia. Review game-nya dimulai dari impresi awal kami terhadap game ini, mekanik game, eskalasi level hero dan ranking, platform os beserta spesifikasi minimal game, dan aspek lainnya.

Kesan Awal Game Mobile Legends Bang Bang

Hanzo Mobile Legends Mobile Legends Bang Bang Hero Mobile Legends
Impresi awal kami terhadap game moba besutan Moonton ini cukup menarik, objektif game yang mudah dimengerti, pilihan hero yang bervariasi, dan permainan pertarungan tim yang cukup kompetitif.

Apakah game ini sempurna? Well, tidak juga, untuk game esport yang bisa bertahan 5 tahunan ini tentunya punya kelebihan dan kekurangan dari berbagai sisi.

Dari segi combat system sudah sangat umum layaknya game esport lainnya, player bertarung antar tim yang terdiri dari 5 orang dengan objektif menghancurkan turet base lawan. Cukup mudah, bukan?

Bagi pemain lama atau baru, game ini memberikan playernya rasa ketagihan untuk terus memainkan game-nya. Sayangnya, setiap kali adanya pembaruan / update game, pembaruan fitur, skin, dan asset file tambahan lainnya tidak diimbangi dengan optimasi stabilitas permainan yang baik, jadi tidak heran, sekalipun sudah disediakan fitur speed mode yang dipadukan koneksi wifi, lag dan stuttering masih sering terjadi, terlebih pada hp low-specs dan internet lambat.

Mekanik Game

Dari segi mekanik, player diberikan opsi kontrol analog yang mudah diarahkan kemanapun dan opsi untuk menyerang, disediakan ikon basic attack, ikon skill yang terdiri dari 3 slot (skill 1, skill 2, dan ultimate skill) beserta opsi mekanik lainnya seperti mini maps, build item shop, dll.

Objektif Game

Untuk objective game sendiri, ada 3 goal yang dikejar oleh player. Pertama, berhasil menaikkan rank hingga tier mythical glory, menjadi pemain top global untuk hero andalan, dan objective in-game yang fokus pada menghancurkan turet. Simpel tapi mekanisme level ini berhasil membuat player / gamer jadi terus ketagihan untuk bermain.

Eskalasi Level Permainan

Membahas alur permainan dan tingkat kesulitannya, ada di bagian in-game, setiap player akan memasuki 3 fase alur, mulai dari early game, mid-game, dan late-game. Sebelum late-game, semua player harus menaikkan level hero setinggi mungkin, di game ini, level maksimalnya adalah level 15. Kalau kondisi status level terpenuhi, dijamin deh, hero yang kamu gunakan bisa mendominasi permainan.

Platform OS & Spesifikasi Minimum

Tim penulis Daily Gamer Pro sudah memainkan game ini dari season 11, kalau dulu spesifikasi smartphone dengan ram 2GB masih lancar memainkan game ini, sekarang, jangan harap bisa memainkan game ini pada ponsel low-specs dengan prosesor lama dan ram dibawah 4GB. Paling minimal, kamu harus menggunakan ram 4GB di platform OS Android. Kecuali kamu pengguna iOS, mungkin spesifikasi ram 2-3 GB masih bisa memainkan game ini.

Prospek Game Mobile Legend di Masa Mendatang

Sebagai genre game moba, mobile legends bukan satu-satunya game yang diminati gamer asal Indonesia, ada game moba lainnya yang menjadi kompetitor game ini, seperti; aov, lol wild drift, dan game moba lainnya.

Kalau mobile legends tidak membenahi aspek yang menjadi keluhan para playernya, seperti lag, stuttering, dan bagian mengesalkannya; kurang seriusnya pihak publisher dan developer menangani player toxic yang ada di game ini. Maka, penurunan jumlah pemain adalah konsekuensi yang harus ditanggung oleh Moonton.

Menyoal tentang prospek game moba ini, selama game mobile legends masih memiliki banyak player, melakukan marketing untuk ekspansi player baru, pemasukan dari penjualan skin, dan tetap ada turnamen e-sport untuk game ini, kami yakin game ini masih layak dan bisa bertahan untuk beberapa tahun mendatang.

Tentunya, ini adalah PR untuk Moonton untuk terus membenahi ekosistem game miliknya, karena game yang bagus pada akhirnya adalah game yang bisa memenuhi kebutuhan market gamer yang mereka miliki.

Kesimpulan

Sebagai penutup, disamping aspek kekurangan game ini, kami menilai mobile legend masih layak untuk dimainkan para gamer di Indonesia. Mekanik permainan yang mudah dan eskalasi kesulitan level permainan cukup menantang, dan banyak event menarik untuk menarik player lama dan baru untuk memainkan game ini.

Kelebihan
1. Permainan cukup seru dan mekaniknya cukup mudah
2. Banyak mode permainan untuk player; rank, classic, brawl, dll.
3. Banyak bonus item dan hero untuk player baru
4. Adanya pembaruan, event, hero, dan skin menarik untuk player
5. Terdapat fitur speed mode untuk meminimalisir lag dan developer telah menambahkan fitur sensor kalimat kasar yang dilontarkan player sehingga permainan jadi lebih menyenangkan & bebas bullying

Kekurangan
1. Hingga season 21, masih terdapat lag dan stuttering pada game
2. Kurangnya sanksi tegas terhadap player cheater, toxic, dan player yang merugikan pemain lain.
3. Perolehan reward drop item gold nominalnya sangat kecil sehingga player kesulitan membeli hero andalannya serta terkesan hanya ingin menambah durasi permainan player

Harith Mobile Legends Mobile Legends Homepage Brawl Mode Mobile Legends
Mobile Legends Anniversary
Matchup Mobile Legends Playing Mobile Legends