Add to Collections
Rating
Review at:

3DS Vs PSP: Konsol Terbaik Mana Yang Perlu Dibeli?

7 pertimbangan ini bisa kamu pakai sebagai referensi sebelum membeli PSP atau 3DS

Kalau kamu punya uang 700 ribu, ada dua pilihan konsol yang bisa kamu beli, yaitu Sony Playstation Portable atau Nintendo 3DS. Tapi karena kamu mesti memilih salah satunya, pasti bingung harus beli yang mana ya.

Untuk menjawab kebingungan tersebut, saya ingin memberikan pertimbangan objektif yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat keputusan final mesti beli yang mana.

Buyer's Guide: Lebih Baik Beli PSP atau 3DS di Tahun 2024?

Saya akan memberikan beberapa perbandingan sesuai spesifikasi kedua konsol tersebut, jumlah pustaka game, harga, dan aspek lainnya. Yuk simak ulasannya:

1. Aspek Game Ekslusif

Bagi gamers Indonesia, mungkin kita lebih familiar dengan konsol dan game dari brand Sony Playstation. Jika memang kamu suka dengan game ekslusif playstation, kamu bisa membeli PSP. Kamu bisa memainkan game Metal Gear Solid, God of War, Digimon Adventure, Persona, dll.

Sebaliknya, konsol Nintendo juga sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak awal populernya konsol NES dan Gameboy di era 90-an sampai 2000-an. Kalau kamu penggemar game Mario, Zelda, Pokemon, dan game ekslusif Nintendo lainnya, konsol ini layak kamu beli.

2. Umur Konsol Game

Bisa dibilang dari segi umur, Nintendo 3DS lebih unggul karena konsol ini tergolong lebih muda, dirilis pada tahun 2010-an akhir, sedangkan PSP sudah cukup berumur; 2004.

3. Ketahanan Konsol Game

Well, dari segi ketahanan, bisa dibilang Nintendo 3DS juga memenangkan aspek ini karena faktanya sangat jarang konsol ini mengalami banyak masalah. Sedangkan PSP karena umurnya lebih tua, ada banyak masalah pada konsol ini; baterai drop, layar bergaris, analog drift, tombol tidak berfungsi, dll.

4. Harga Konsol Game

Dari segi harga konsol game, PSP lebih unggul jika kita menggunakan standar harga terjangkau. Kamu bisa mendapatkan PSP seri 1000 dengan uang 300-500 ribu saja. Sedangkan Nintendo 3DS harganya lebih tinggi: 600-700 ribu untuk seri regulernya.

5. Ketersediaan Toko Servis untuk Konsol Game

Pada aspek ini, hasilnya seri, baik itu Nintendo 3DS dan Sony PSP memiliki basis toko servis yang mudah ditemui di banyak kota besar dan kecil yang ada di Indonesia. Jadi semua gamer bisa memperbaiki konsol second mereka jika sewaktu-waktu ada masalah.

6. Kualitas Grafis Konsol Game

Bagian ini penilaiannya seri lagi, karena pada masing-masing konsol punya game dengan grafis yang bagus. Nintendo 3DS punya game Resident Evil Revelations 3D yang grafisnya sekelas dengan konsol Playstation 3. Sebaliknya, PSP pun punya game God of War yang grafisnya juga tak kalah bagus, Santa Monica selaku developer game tersebut berhasil mendorong batas maksimum spesifikasi PSP untuk menjalankan game versi terbaiknya.

7. Software Game Konsol

Well, baik itu PSP dan Nintendo 3DS, software atau sistem operasinya sudah bisa dihack, jadi keduanya bisa menginstall game bajakan atau gratis, karena memang sulit untuk mendapatkan kaset UMD PSP atau Cartridge 3DS original dengan kondisi bagus, kehadiran sistem CFW sangat memudahkan pemilik kedua konsol ini dalam memainkan game yang mereka inginkan. Hasilnya seri.

Kesimpulan

Dari 7 pertimbangan diatas, silahkan putuskan untuk memilih salah satu dari kedua konsol tersebut ya. Kalau saya sih beli dua-duanya karena ada game yang saya suka di kedua konsol tersebut. Kalau kamu, mau beli PSP atau 3DS?