Add to Collections
Rating
Review at:

2 Barang yang Dikira Pemborosan Ternyata Punya Nilai Investasi untuk Gamer!

2 barang yang dibeli Gamer ini sering dianggap pemborosan tapi ternyata punya nilai investasi tinggi!

Bagi orang-orang yang tidak hobi bermain game, tidak bekerja di industri game, dan bahkan menganggap semua pembelian barang di bidang ini sebagai pemborosan, sepertinya mesti melihat sudut pandang berbeda karena ada beberapa barang yang bisa jadi bahan investasi atau sumber pendapatan yang menguntungkan di masa depan bagi gamer.

Mau tahu apa jenis barangnya? Yuk simak ulasannya lewat pembahasan dibawah ini.

Dear Gamer, 2 Barang Ini Bisa Kamu Jadikan Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan Keuanganmu di Masa Depan!

Setelah cukup lama menggeluti hobi game, datang di beberapa event esport, mengenal industri game, & mengoleksi banyak konsol game, saya akhirnya tergerak untuk membuat artikel edisi opini satu ini, ya, ada beberapa barang yang dibeli saat ini dan jika dijual di masa mendatang, harga jualnya akan melambung tinggi! Apa saja barangnya? Ini dia barang yang saya maksud:

1. Kaset Game Fisik & Konsol Lawas dengan Kualitas Bagus

Dalam prinsip ekonomi, jika jumlah permintaan dari pembeli lebih banyak tapi stok barangnya langka, apa yang terjadi? Ya, betul! Harga barangnya bisa meroket tinggi!

Nah, hal ini juga berlaku pada kaset game fisik dan konsol game lawas.

Kita bahas kaset game dulu ya. Misal game Tomb Raider Xbox 360 harga normalnya 150k, tapi seri sekuel atau lanjutannya sangat mahal, harganya bisa 5x lipatnya! Yaitu 750k!

Kalau kamu berpikir bahwa angka 750 ribu sudah mahal untuk 1 keping game konsol lawas, kayanya kamu bakal dibuat lebih kaget lagi karena ada seller yang "menggoreng" harga 1 game dengan harga 2-3 juta rupiah!

Kita beralih ke konsol game lawas, biasanya kalau konsol lawas harganya cenderung murah, bukan? Normalnya sih begitu, tapi untuk konsol tertentu yang jumlah stoknya terbatas seperti Playstation Vita, harga konsolnya bisa sangat mahal, bahkan ada yang menjualnya diatas 3 juta rupiah!

Dari ulasan poin pertama ini, kita bisa menyimpulkan bahwa game fisik dan konsol lawas, harganya bisa dinaikkan di masa depan. Hal ini sangat mungkin dilakukan, kita tidak mengikuti acuan harga pasar, melainkan kita fokus pada aspek kelangkaan barang dan kondisi barangnya seperti apa, jika barangnya lengkap dan kondisinya sangat terawat, harganya bisa lebih mahal lagi.

2. Konsol Game Limited atau Special Edition

Hampir semua perusahaan konsol game, mulai dari Sony, Nintendo, dan Xbox merilis konsol seri limited edition untuk para gamer. Apa tujuannya? Jelas sekali! Menjual konsolnya dengan harga tinggi!

Praktik ini sah dan legal saja, karena para perusahaan game ini biasanya bekerjasama dengan game developer 1st party mereka untuk merilis edisi konsol dengan bundling, eksesoris, dan desain dari game populer tertentu yang diminati banyak gamer.

Namanya juga konsol "Limited Edition", jumlahnya sangat terbatas, ketika permintaan pasar dari gamer, khususnya kolektor konsol meningkat, para gamer yang memiliki stok konsol limited edition ini bisa menjualnya dengan harga sangat tinggi, bahkan melebihi harga resmi saat konsol edisi khusus tersebut dirilis!

Kesimpulan

Bagi non-gamer, mereka memandang gamer memboroskan uangnya dengan membeli barang-barang yang dinilai kurang berguna, padahal para gamer lebih tahu, bahwa ada barang-barang tertentu yang bisa dijadikan aset investasi jangka panjang, yaitu menjual konsol lawas, game fisik, dan konsol edisi khusus dengan margin harga jual yang tinggi agar bisa mendapatkan selisih profit yang tinggi. Bagaimana artikel ini menurutmu?