Add to Collections
Rating
Review at:

Microsoft akan Menutup Xbox 360 Store Juli 2024!

Apa dampak penutupan toko game Xbox 360 ini terhadap gamer? Temukan jawabannya di artikel ini!

Well, kalau kamu membaca artikel sebelumnya tentang ulasan Xbox 360 masih layak dibeli atau tidak, kamu pasti tahu kalau saya baru saja membeli konsol ini.

And you know what? Yup, saya dapat kabar yang isinya ternyata Microsoft akan menghentikan layanan marketplace game Xbox 360 di tanggal 29 Juli 2024. :(

Hmm, tersisa 3 bulan lagi sebelum penutupan jika dihitung dari hari ini.

Dampak Penutupan Layanan Xbox 360 Store Terhadap Industri Game & Pemilik Konsolnya

Dengan adanya kebijakan penutupan layanan marketplace game Xbox 360 oleh Microsoft, apa dampaknya bagi para gamer yang memiliki konsol ini? Ini dia dampaknya:

  • Per-tanggal 29 Juli2024, semua konsol Xbox 360 akan kehilangan kemampuan untuk membeli game baru, DLC, dan konten hiburan lainnya yang ada di Xbox 360 Store dan the Xbox 360 Marketplace (marketplace.xbox.com)
  • Dampak lainnya dari regulasi ini adalah layanan aplikasi Microsoft Movies & TV app tidak akan berfungsi atau berjalan sama sekali di perangkat konsol game Xbox 360, begitu sudah lewat tanggal 29 Juli 2024, kamu tidak bisa menonton film apapun di konsol ini.

Dua dampak diatas mungkin membuat kecewa para gamer yang telah memiliki dan memainkan game di konsol Xbox 360.

Tanggapan Saya Terkait Regulasi Penutupan Xbox 360 Store oleh Microsoft

Orang lain udah beli Xbox dari 2005, lah saya baru beli di tahun 2024, tepat 3 bulan sebelum layanan marketplace game-nya akan ditutup permanen.

Saya merasa tidak keberatan dengan keputusan tersebut, dari segi bisnis, rasanya wajar saja kalau Microsoft menutup layanan marketplace tersebut, karena banyak gamer yang memainkan game next-gen dibanding memainngkan game Xbox 360.

Setelah 29 Juli 2024, saya memang tidak bisa membeli game dan layanan hiburan apapun di Xbox 360 store, tapi hal itu tidak jadi masalah.

Regulasi ini tidak begitu berdampak pada saya pribadi, karena saya sudah membeli kaset game fisik originalnya dan konsol Xbox 360 milik saya sudah di custom firmware-nya sehingga bisa memainkan game digital.

Kesimpulan

Meskipun Microsoft menutup permanen platform marketplace game Xbox 360, tapi bagi pengguna yang sudah membeli game-nya dari store tetap bisa memainkan game-nya beserta paket DLC, dll-nya.

Begitu pula konten hiburan movies yang sudah dibeli, bisa diakses di perangkat pc atau laptop berbasis windows OS (Minimal windows 10), jadi para pengguna Xbox 360 tetap bisa mengakses library konten yang sudah mereka beli.