Add to Collections
Rating
Review at:

Beli HP Gaming Pertama dari Nokia: Ngage QD

Ternyata Nokia pernah merilis hp gaming lho!

Hampir semua orang di Indonesia pasti kenal atau pernah punya smartphone dari brand Nokia. Dan tahu nggak kalau brand ini ternyata pernah merilis hp gaming di tahun 2004?

Saya sudah tahu tipe hp Ngage ini sejak smp, waktu itu yang punya smartphone gaming Ngage hanya mereka yang ortunya punya finansial yang bagus, kalau saya waktu itu masih pakai hp nokia 2600 classic yang penting bisa sms, nelpon, dan main game java.

Hp Ngage sendiri ada dua tipe, 1) Ngage Classic, 2) Ngage QD.

Dari kedua tipe itu, saya pilih tipe kedua karena smartphone ini merupakan versi pembaruan dari Ngage Classic, desainnya lebih keren dan lebih "Gaming" aja impresinya.

Apakah Nokia Ngage QD Masih Layak Dibeli & Alasan Apa yang Membuat Saya Membeli Ponsel Ini?

Well, kalau bahas worth it atau nggak-nya beli Nokia Ngage QD, kalau kamu emang gamer yang lahir di masa jaya-nya Nokia, hp gaming ini masih layak untuk kamu beli, setidaknya untuk dua alasan ini:

1. Ngage Punya 56 Game Ekslusif

Bisa dibilang hp gaming dari nokia ini cukup unik jika dibandingkan dengan hp gaming modern saat ini. Apa bedanya? Hp nokia punya game ekslusifnya sendiri, sedangkan hp gaming saat ini tidak dibekali / dibuatkan game khusus dari brand-nya.

Mau sehebat apapun ASUS ROG Phone dan merk hp gaming lainnya, lini hp gaming modern tidak punya game ekslusif sama sekali.

Meski Nokia Ngage QD ini masuk kategori hp gaming lawas, pada jamannya, Nokia berhasil menggaet banyak developer game terkenal seperti Tomb Raider, Tony Hawk, Sonic, hingga game The Sims pun ada lho!

2. Cocok untuk Koleksi & Nostalgia

Alasan kedua ini memang menjadi pertimbangan yang kuat untuk membeli smartphone gaming dari Nokia. Biasanya yang beli untuk koleksi atau nostalgia adalah mereka yang masa kecilnya pernah punya dan ingin memainkan game ekslusif dari Ngage.

Bisa juga sebaliknya, ada yang dulu belum kesampaian punya hp gaming dari Nokia satu ini, dan membelinya di waktu mereka sudah dewasa, apa ya istilahnya; memenuhi keinginan inner-child ya bahasa keren-nya?

Nasib HP Gaming Ngage QD di Tengah Persaingan Konsol Game di Tahun 2004

Di tahun 2004, Nokia seakan ingin mencoba perutungan baru dengan masuk ke ranah kompetisi industri gaming yang dikuasai 2 brand gaming besar, yaitu Sony Playstation dan Nintendo.

Bisa dibilang, Nokia Ngage kalah saing dengan kompetitornya yang sudah mapan, Sony memenangkan hati para gamer dengan konsol portablenya; PSP, dan Nintendo memenangkan pasar game juga karena daya tarik game esklusifnya; Pokemon, Zelda, dll.

Tidak hanya kalah dari segi jumlah library game, bisa dibilang, harga hp gaming Ngage ini terlalu mahal pada masa itu dibanding kompetitornya yang menjual PSP dan Gameboy Advance dengan harga terjangkau.

Akhirnya, Ngage kalah saing, dan menghentikan produksi lini hp gamingnya setelah kalah dari Sony dan Nintendo.

Kesimpulan

Bagi gamer, mencoba banyak game itu seru, tidak hanya enjoy dengan game modern, terkadang, bermain game retro atau lawas yang belum pernah kita mainkan pun punya sisi menariknya sendiri, dan Ngage QD ini bisa jadi koleksi hp gaming yang layak kamu miliki.