Add to Collections
Rating
Review at:

Review: Beli PS3 di 2024, Masih Worth It Kah?

Beli PS3 di tahun ini masih worth it nggak sih? Temukan jawabannya di konten ini!

Bisa dibilang konsol playstation 3 umurnya sudah 18 tahun sekarang. Cukup tua untuk sebuah konsol game rumahan. Para pemain game saat ini biasanya lebih memilih beli PS4 atau PS5 dibanding beli PS3.

Alasannya beragam, misalnya konsol game PS4 dan PS5 masih didukung oleh Sony Playstation dari segi perilisan game baru & mesin konsolnya masih diproduksi.

Sebaliknya, playstation 3 sudah dihentikan produksi konsol dan perilisan gamenya sejak 2017 lalu. Lantas kenapa saya beli PS3? Dan apakah konsol generasi ke-3 dari playstation ini masih layak kamu beli? Yuk kita bahas!

Apakah Playstation 3 Masih Layak Dibeli Tahun Ini?

Ada beberapa alasan kenapa PS3 masih layak untuk kamu beli dan mainkan tahun ini. Biar imbang, saya akan mengulasnya dari dua perspektif; kelayakan untuk dibeli & tidak layak dibeli, agar kamu bisa membuat keputusan yang objektif serta tidak menyesal setelah beli konsol ini.

7 Alasan PS3 Masih Layak Dibeli & Dimainkan Game-nya

Karena saya sendiri membeli konsol ini, jadi akan saya jelaskan kenapa PS3 masih layak kamu miliki dan mainkan game-nya, ini dia alasannya:

  • 1. Harga konsol PS3 sudah murah; dibawah 2 juta
  • 2. Konsol PS3 sudah menggunakan custom firmware yang memungkinkan memainkan game secara gratis
  • 3. Banyak game ekslusif playstation yang layak dimainkan, bahkan game ekslusif ini dirilis kembali di PS4 & PS5 karena kualitas serta popularitasnya tinggi
  • 4. Ketersediaan konsol PS3 mudah didapat di Indonesia, kamu bisa beli di toko offline atau online di marketplace
  • 5. Konsol PS3 meski sudah tidak diproduksi Sony, toko yang menjualnya masih menyediakan garansi tukar unit baru dan servis gratis
  • 6. Temperatur suhu konsol PS3 cenderung lebih dingin dibanding PS4 yang panasnya mencapai 70 -90 derajat celcius
  • 7. Konsumsi daya listrik PS3 masih lebih hemat daya (150-250 watt) dibanding PS4 pro (300 Watt) & PS5 (350 Watt)

5 Alasan PS3 Tidak Layak Dibeli & Dimainkan Game-nya

Agar imbang, saya juga akan mengulas sisi kekurangan PS3 agar kamu bisa menerima tidak hanya kelebihannya saja tapi kekurangannya juga masih bisa kamu toleransi, ini dia alasannya:

  • 1. Ada satu seri PS3 yang konsumsi listriknya tinggi
  • 2. Semua konsol PS3 yang dijual di pasaran kondisinya bekas / refurbish
  • 3. Karena sudah menggunakan firmware custom, terkadang kamu bisa saja mendapatkan konsol yang tidak bisa memainkan kaset game fisik
  • 4. Rawan terkena masalah YLOD atau overheat sehingga mesin PS3 mudah rusak, oleh karenanya, kamu harus menghindari versi PS3 tertentu yang punya masalah ini
  • 5. Sudah tidak ada game baru lagi karena Sony lebih memprioritaskan konsol game baru mereka yaitu PS5

Pengalaman Saya Beli Konsol PS3 di Tokopedia

Oke, biasanya kalau bahas konten genre worth it atau nggak-nya sebuah barang, pastinya pengunjung ingin tahu dimana mereka bisa membeli konsol playstation-nya juga supaya bisa dapat mesin PS yang bagus seperti saya.

Sebelum membeli PS3, saya selalu chat seller yang menjual konsol PS3, saya lebih mengutamakan seller yang mau menjawab pertanyaan pelanggan, misalnya saya ingin tanya bagaimana kondisi PS3 yang dia jual, kelengkapannya, dan apakah ada garansi yang saya dapatkan jika beli PS3 di tokonya.

Hal ini saya lakukan karena mesin konsol PS3 yang dijual di pasaran kondisinya bekas, jadi saya ingin mendapatkan barang yang setidaknya masih bagus kualitasnya & awet untuk dimainkan game selama bertahun-tahun.

Biar dapetin barang yang bagus dan awet, semuanya dimulai dari memilih seller yang tepat. Seller PS3 dibagi jadi 2, yaitu: pertama; seller individual yang menjual PS3 bekas pemakaian pribadi. Kualitas barangnya gacha / untung-untungan banget, bisa dapet yang bagus kalau pemilik PS3 sebelumnya apik merawatnya, tapi tak jarang saya lebih banyak menemukan PS3 yang kondisi fisiknya sudah tidak bagus, kotor, nggak nerima retur kalau pembeli nemu minusnya, dan minim garansi.

Kedua; seller yang punya toko besar, di Tokopedia banyak toko game yang menjual PS3 dalam stok banyak. Tentu harganya lebih mahal dari seller individual, tapi hal ini berbanding lurus dnegan kondisi barang dan pelayanan yang didapat, ya, meski nggak semua toko bagus juga sih, tapi setidaknya kita bisa retur tukar unit baru, servis, request game, dll.

Dari kedua pilihan seller diatas, saya pilih yang kedua, dan memilih toko game Factory of Game (FOG) karena saya bisa mendapatkan kondisi PS3 dan pelayanan berikut:

seri mesin :
Cech 25xx

* Versi Terbaru CFW 4.89 Multiman
* 1 PCS Stick Wireless Ory / 2 PCS Stik Wirelles KW
* 1 Cabel Cas Stick
* 1 Cabel HDMI
* 1 Cabel Av
* 1 Cabel Power
* 1 Dus PS3

Harga :
500 giga : 1,9jt

GARANSI : 1 blni SparePart
12 bulan Service ( di Luar SparePart )

Tipe lain masih ada dengan harga bervariasi

Kami melayani sistem COD dan juga pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia menggunakan Jasa Ekspedisi terpercaya seperti JNE dan MEX berlian

Setelah order, selang beberapa hari, PS3-nya sudah sampai di tempat kost saya. Begini kelengkapannya:

Saya pun langsung mencoba memainkan game yang saya suka seperti The Last of Us, God of War, dan game yang sudah saya request kepada seller.

Overall, saya puas sih belanja di toko ini karena bisa dapet mesin PS3 yang kondisinya masih bagus, suhunya aman terjaga, dan kuat dimainkan berjam-jam.

Kesimpulan

Sebagai gamer yang dulunya belum pernah punya PS3, membeli konsol ini di tahun 2024 masih sangat layak, karena game-game ekslusif playstation memang seru dimainkan, bahkan game ekslusif ini terus dirilis di konsol generasi selanjutnya yang membuktikan kalau PS3 punya daftar game terbaik yang worth it dimainkan.



Referensi Pustaka & Dokumentasi

List Referensi :
  • Dokumentasi pribadi
  • https://www.thefactsite.com/playstation-3-facts/
  • https://cgxuk.co.uk/gaming/games-consoles/playstation/ps3.html