Add to Collections
Rating
Review at:

Mana Yang Lebih Untung? Beli Game Fisik atau Digital?

Bagi gamer, mana sih yang lebih untung: beli game fisik atau digital?
Halo kawan-kawan gamers! Kamu pasti sudah tidak asing dong dengan game fisik maupun digital? Untuk memilihnya, biasanya para gamers memiliki preferensi masing-masing yang disesuaikan dengan budget, kondisi tempat tinggal, kebiasaan sehari-hari, dan pertimbangan lainnya.

Baik game digital maupun game fisik, keduanya memiliki keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemarnya. Meskipun demikian, diantara keduanya manakah yang lebih menguntungkan?

Game Digital

Pada era teknologi yang semakin canggih ini, distribusi game secara digital sudah sangat eksis di kalangan penggemar. Sebut saja seperti Playstation store, Nintendo eShop, Xbox Game Pass, dan Steam milik Valve yang menyediakan ribuan game digital untuk PC. Selain itu, valve juga telah mengembangkan platform bernama origin yang memungkinkan kamu untuk menemukan berbagai judul-judul ekslusif dari Electronic Arts.

Hal yang tak kalah menggiurkan yaitu platform game digital juga kerap menyediakan diskon-diskon menarik untuk para gamers lho, seperti GOG, G2A, Green Man Gaming, Humble Store ataupun website penyedia bundle game yang cukup murah seperti bundle stars.

Keunggulan lain dari game digital adalah algoritma yang memudahkan kamu untuk menemukan rekomendasi game sesuai dengan jenis game yang kamu suka. Kamu cukup menunggu update selanjutnya, karena rekomendasi game akan selalu diperbaharui secara berkala.

Bagi kamu yang kesulitan mengunjungi toko game offline, maka game digital akan memudahkan kamu untuk membeli ribuan game yang tersedia. Meskipun demikian, proses pengunduhan game digital kerap menjadi hal yang menyebalkan terlebih jika koneksi internet dan kapasitas penyimpanan yang kurang memadai.

Berbeda dengan game fisik yang dapat dijual apabila sudah tamat dan bosan, game digital akan selamanya kamu miliki. Meskipun kerap terdapat fitur sharing account hal tersebut tidak direkomendasikan karena resiko keamanan.

Game Fisik

Meskipun game digital semakian populer, namun rupanya game fisik tetap menempati hati penggemarnya baik kolektor game era 90-an atau bahkan kolektor game era modern saat ini. Beberapa game fisik yang masih eksis di pasaran seperti playstation, Nintendo switch dan Xbox series X.

Memiliki game fisik tak perlu khawatir akan serangan hack, kuota internet, dan juga proses mengunduh yang cukup memakan waktu. Meskipun memiliki harga yang relatif lebih mahal dibanding game digital, beberapa hal tersebut kerap menjadi pertimbangan yang cukup penting bagi para kolektor game fisik.

Keunggulan game fisik lainnya adalah dapat dijual apabila telah bosan atau telah menyelesaikan game. Meskipun kerap menjadi pro kontra karena dinilai merugikan developer, namun tak jarang pula para gamers menjual game second miliknya.

Game fisik memliki prestise tersendiri bagi para kolektor game, apalagi bagi gamers terkenal. Dengan memamerkan berbagai koleksi game yang mereka punya menjadi branding tersendiri. Tentunya kamu harus pandai merawat koleksi game fisik agar tetap bagus dan menghindari kerusakan dikemudian hari terutama apabila salah dalam penyimpanan atau penggunaannya. Kamu juga dapat menggunakan game fisik sebagai hadiah ataupun kenang-kenangan.

Untuk mendapatkan game fisik, kamu perlu effort berkunjung ke toko game offline atau membelinya secara online. Bagi penggemar game digital, hal tersebut kerap menjadi kendala sehingga mereka lebih memilih membeli game digital.

Selain pandai dalam merawat game fisik, kamu juga harus telaten dalam menjaganya. Hal ini agar terhindar dari resiko kehilangan sehingga menyebabkan kerugian dan kamu harus membeli kembali game yang baru.

Penutup

Kesimpulannya, baik game fisik maupun digital memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Namun apabila berbicara mengenai game yang lebih menguntungkan konsumen, saya dapat menyebutkan game digital akan lebih menguntungkan terutama dari segi harga yang relatif lebih murah dibanding game fisik namun memiliki fungsi game yang sama. Adanya berbagai diskon menarik juga menjadi alasan tersendiri mengapa game digital lebih menguntungkan gamers. Selain itu, penggunaannya yang fleksibel dapat menguntungkan kamu sehingga kamu dapat menggunakanya dimana saja. Meskipun demikian, pemilihan game fisik maupun game digital kembali kpada preferensi masing-masing dengan menyesuaikan keadaaan dan kebutuhan setiap gamers. Kalo kamu sendiri, tim game digital atau game fisik?