Add to Collections
Rating
Review at:

Review: Beli PSP di 2024? Masih Worth It Kah?

Mau beli PSP di tahun ini? Masih worth it nggak sih? Baca konten ini dulu sebelum beli!

Apakah masih worth it beli PSP di tahun 2024? Pasalnya konsol game handheld buatan Sony ini sudah berumur 20 tahun!

Biasanya yang membeli konsol retro atau lawas adalah pemain game yang dulunya pernah punya konsol tersebut & ingin bernostalgia dengan game lama.

Kedua, ada juga yang membeli konsol PSP karena dulu sewaktu kecil belum pernah memilikinya karena keterbatasan finansial, kalau saya ada di posisi yang kedua ini.

Biar kamu nggak bingung, saya buatkan ulasan perbandingan objektif kenapa PSP masih layak dibeli di tahun 2024 & sebaliknya. Ini dia ulasannya!

3 Alasan Kenapa PSP Masih Layak Dibeli di Tahun 2024

Buat kamu yang sudah punya niatan untuk beli psp tapi masih belum sepenuhnya yakin, mungkin ulasan 3 poin ini bisa membulatkan keputusanmu untuk membeli konsol playstation portable dari Sony:

1. Harga PSP Sudah Sangat Murah!

Pada saat perilisannya, harga PSP bisa dibilang mahal, berkisar antara $226 -$249 (Rp. 3,4jt - 3,7jt).

Setelah 20 tahun berlalu, saya berhasil mendapatkan konsol PSP ini dengan harga 10x lipat lebih murah, yaitu 450k di Tokopedia.

2. Banyak Game Ekslusif & Semua Game-nya Gratis

Karena PSP ini konsol lawas, pihak produsen; Sony, sudah tidak melanjutkan pengembangan, produksi, hingga perilisan game terbaru di konsol PSP. Oleh sebab itu, banyak programmer yang men-jailbreak konsol ini agar bisa memainkan semua game dengan gratis.

Kamu bisa pilih PSP dengan memory card berukuran besar 16-32gb, request semua game yang kamu suka ke seller, lalu kamu sudah bisa memainkan semua game ekslusifnya begitu PSP sudah di tangan.

3. Spareparts PSP Mudah Didapatkan & Banyak Tempat Servisnya

Alasan lainnya kenapa PSP masih worth it dibeli di tahun 2024 adalah banyaknya ketersediaan sparepart-nya, mulai dari baterai, charger, casing, dan lcd bisa dibeli lewat tokopedia.

Kalau PSP kamu bermasalah pun nggak perlu khawatir, banyak tempat servis yang melayani perbaikan konsol satu ini.

3 Alasan Kenapa PSP Tidak Layak Dibeli di Tahun 2024

Oke, sekarang kita ulas perbandingan sebaliknya, kenapa PSP tidak layak dibeli di tahun 2024:

1. Sulit Mencari Mesin Konsol PSP yang Masih Bagus

Salah satu kesulitan yang saya temukan saat mau membeli konsol PSP adalah sulitnya mencari unit psp yang mesinnya masih bagus. Karena banyak seller yang menjual PSP dalam keadaan minus, mulai dari layar menguning, berjamur, analog yang drift, speaker sudah tidak normal, tombol tidak berfungsi dll.

Kamu butuh sabar mencari seller yang menjual unit yang masih bagus.

2. Layarnya Kecil, Tidak Cocok untuk Gamer Saat Ini

Gamer yang saya maksud disini adalah mereka yang lahir diatas 2010 dimana mereka sudah terbiasa dengan gadget dengan layar lebar, mulai dari hp hingga konsol game.

Jadi, untuk gamer yang tidak terbiasa memainkan game dengan layar compact, akan kesulitan dan pengalaman bermain kurang maksimal.

3. PSP Hanya Menjual Sisi Nostalgia Bagi Gamer

Sesuai ulasan di paragraf pembuka, orang yang beli PSP hanya cocok untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan masa kejayaan konsol ini. Baik itu yang pernah punya konsolnya ataupun yang belum pernah memilikinya sewaktu kecil.

Kamu juga nggak akan mendapatkan game baru apapun dari Sony karena konsol ini sudah tidak dikembangkan lagi saat ini. Jadi, selling-point konsol ini adalah menjual nostalgia bagi para pecinta retro konsol.

Kesimpulan

Sony PSP adalah konsol game portable pertama buatan Sony yang cukup sukses di jamannya. Bisa dibilang, anak-anak yang punya PSP di tahun 2004 cukup beruntung karena bisa merasakan sensasi bermain game baru dari PSP di masa jayanya.

Setelah membaca konten ini, semoga kamu bisa menentukan keputusan ya, baik itu jadi beli atau batal. Kalau saya sih pilih beli PSP, selain untuk nostalgia dengan game-nya, saya juga bisa membuat konten game PSP di website ini.



Referensi Pustaka & Dokumentasi

List Referensi :
  • Dokumentasi pribadi
  • Dokumentasi dari web Video Game Chronicles: https://www.videogameschronicle.com/news/the-psp-store-closes-today-but-it-looks-like-games-will-still-be-available-on-ps3-and-vita/