Add to Collections
Rating
Review at:

4 Cara Developer Dapat Modal untuk Membuat Game

Darimana sih game developer dapet modal? Buat game kan mahal ya. Yuk cari tahu!

Bagi gamer, yang kita tahu cuma beli game, mainkan, selesai. Tapi saya dan gamer lainnya penasaran juga sih darimana para game developer ini mendapatkan pendanaan modal untuk mengembangkan sebuah game dari tahap awal hingga siap rilis ke publik.

Satu-satunya informasi yang bisa diakses oleh publik hanya harga game kisaran 100rb - 700rb yang tertera di berbagai platform marketplace game seperti Steeam, Epic Games, dll.

Padahal, untuk membuat game tidaklah murah. Kenal dan pernah main game Angry Birds? Game kasual dan fun yang terlihat simpel seperti ini saja menghabiskan dana sebesar 2,2 Milyar ($140.000) dalam proses pembuatannya.

Kamu pecinta pokomen pasti pernah ikutan fomo dengan hype game Pokemon Go di tahun 2016, dimana player bisa berburu pokemon langsung di dunia nyata berkat bantuan fitur geo-location dan fitur augmented reality (AR). Game ini menghabiskan bujet 9,4 Milyar Rupiah ($600.000).

Itu baru sekelas pengembangan game mobile / smartphone lho, gimana dengan game pc atau konsol seperti GTA 5, bujet yang dihabiskan lebih besar lagi pastinya, yaitu 4,1 triliun rupiah ($265.000).

See? Bujet yang dibutuhkan untuk membuat game sangat fantastis. Itu sebabnya saya penasaran dari mana mereka menghimpun modal untuk membuat game.

Well, setelah melakukan riset pustaka dari berbagai sumber, akhirnya saya membuat konten ini untuk menambah wawasan para gamer atau orangtua yang kelak anaknya ingin jadi developer game bisa tahu dimana mereka bisa mendapatkan permodalan untuk membuat game impiannya.

Darimana Developer Mendapatkan Modal untuk Membuat Game? Ternyata ini sumbernya!

Ada beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai sumber pendanaan pembuatan game yang bisa dipilih oleh para developer, berikut daftarnya:

1. Cari Modal Pendanaan Game dari Investor

Mirip sistem pendanaan bisnis konvensional atau perusahaan rintisan, developer game juga bisa mengambil langkah ini; mencari investor yang mau mendanai game yang akan mereka buat untuk market gamer di Indonesia.

2. Publisher Game

Publisher game adalah perusahaan yang skala dan sumber dananya sangat besar sehingga mereka bisa merilis game ke pasar. Game developer bisa meminta pendanaan dari publisher game agar mendapatkan suntikan dana dan game-nya bisa dirilis ke pasar lokal dan internasional. Sebagai informasi, berikut daftar publisher game terkenal yang telah banyak dikenal di industri game; Valve Corporation, Bethesda Softworks, Ubisoft, sega, dll.

3. Mengumpulkan Modal Dari Platform Penggalangan Dana

Tidak semua developer game cukup beruntung untuk bisa mendapatkan dukungan modal dari publisher dan investor, khususnya para game developer indie (developer game skala kecil).

Kabar baiknya, para developer Indie dapat memanfaatkan platform crowdfunding untuk mendapatkan dukungan dana dari gamer di seluruh dunia. Misalnya saja, ada salah satu developer game Indie asal Jogjakarta, Indonesia; Stairway Games, yang berhasil mendapatkan dukungan pendanaan fantastis untuk game yang sedang mereka kembangkan, namanya; Coral Island.

Coral Island, game buatan Indonesia ini sukses mendapatkan banyak dukungan sebesar 1.639.368 dolar AS atau setara dengan Rp 23 miliar dari situs penggalangan dana Kickstarter. Alhasil, game Coral Island bisa rilis dan dinikmati gamers dari seluruh dunia.

Sebagai tambahan informasi, game Coral Island juga tembus ke pasar game konsol Playstation 5 lho! Kalau mau nonton trailer gamenya, silahkan tekan tombol play video diatas ya.

4. Pakai Modal dari Uang Pribadi

Bisa dibilang ini opsi terakhir yang bisa diupayakan para game developer dalam mengembangkan game impiannya. Meski tidak sebesar pendanaan modal dari investor, publisher, atau crowdfunding, setidaknya game developer bisa mencoba membuat game tahap awal atau versi beta-nya terlebih dahulu.

Kesimpulan

Sekarang kita sudah tahu ya darimana developer game mendapatkan pendanaan untuk membuat game pertama mereka. Ada yang dapat dana dari investor, publisher, penggalangan dana, hingga uang pribadi.

Kalau kelak kamu atau orang yang kamu kenal ingin jadi developer game, 4 sumber permodalan yang sudah dibahas di artikel ini bisa kamu pilih untuk mengembangkan game pertama milikmu.



Referensi Pustaka & Dokumentasi

List Referensi :
  • Youtube Channel Playstation: https://www.youtube.com/watch?v=7ZapFW0zfRQ
  • Youtube Channel Agate: https://www.youtube.com/watch?v=H7QNYuugwag
  • Website resmi stair way games: https://www.stairwaygames.com/coral-island
  • Website Hybrid: https://hybrid.co.id/post/developer-game-lokal
  • Website IGDX Kominfo: https://igdx.id/article/H7DJH-Game%20Developer%20vs%20Game%20Publisher,%20Kamu%20Perlu%20Tahu%20Bedanya
  • Website Kevuru Games: https://kevurugames.com/blog/how-much-does-it-cost-to-make-a-video-game-clear-formula-and-the-highest-grossing-genres-in-2023/
  • Website Hitekno: https://www.hitekno.com/games/2021/03/04/160455/penggalangan-dana-coral-island-rampung-capai-rp-23-miliar