Add to Collections
Rating
Review at:

Biar Nggak Ditipu, Ini Cara Aman Beli Konsol Game Second

Niat mau hemat, eh ditipu scammer! Beli konsol game second boleh, tapi pastikan kamu nggak salah beli, biar nggak ditipu lagi, baca konten ini!

Pertama kali merantau ke Jakarta sendirian, saya dan teman-teman kuliah dari daerah pernah punya pengalaman ditipu sampai kehilangan banyak uang.

Ketika semua sudah serba digital seperti sekarang pun, seakan belum belajar dari pengalaman pahit masa lalu, saya dan teman saya kena tipu lagi ketika tergiur beli konsol game dengan harga dibawah pasaran.

Konsol game-nya nggak dapet, duit di rekening ludes semua!

Dari pengalaman nggak enak itu, saya tergerak untuk membuat konten ini, biar kamu yang mau beli konsol game bekas / second bisa terhindar dari para penipu online.

Istilahnya; "lebih baik mencegah dibanding mengobati", karena kejahatan online sulit untuk diatasi.

Di konstruksi sosial kita sekarang; kita yang jadi korban rasanya nggak bakal dibantu kalau jadi korban penipuan online, yang didapat sebaliknya; dimarahin karena kelalaian pribadi, kalau mau urus laporan butuh biaya lebih, & nggak punya orang dalem juga buat nindak para online scammer ini.

Dalam prinsip stoik; "Kita cuma bisa mengendalikan apa-apa yang ada di kendali kita", salah satunya; kendali untuk mawas diri & nggak mudah dijebak para penipu online yang kebal hukum ini karena nggak ada yang laporin.

4 Cara Aman Saat Beli Konsol Bekas agar Terhindar Dari Penipuan Online

Tips yang akan saya bagikan ini diambil dari pengalaman saya pribadi dan hasil diskusi dengan sesama gamer di forum-forum yang pernah mengalami jadi korban penipuan online, semoga panduan ini bisa mengurangi jumlah korban online scamming ya, khususnya di industri game.

1. Hindari Transaksi Transfer ke Rekening Penjual Langsung, Utamakan Rekber di Marketplace

Di forum dan komunitas gamer, kita setuju bahwa lebih baik melakukan transaksi di marketplace karena pembayarannya lewat rekening bersama dari platform belanjanya, kalau barang yang dikirim fiktif atau rusak, bisa ajukan refund uang kembali / tukar unit baru.

Seringnya, para korban kena tipu karena belanja di sosial media, entah itu di instagram, facebook, dan lainnya. Dimana seller akan membuat akun berisi post jualan konsol harga yang "Too Good To Be True".

Sebagai ilustrasi kasus, begini skema-nya; misalnya saja kita mau beli konsol playstation vita, nah, harga pasaran dari PS Vita normalnya berkisar 1,7 - 2juta, di sosmed dijual 600k, banyak buyer pemula yang terjebak karena iming-iming skema harga under market seperti ini. Saya pun pernah terjebak skema ini. :(

2. Jika Belanja di Marketplace, Pilih Toko yang Menyediakan Garansi Jangka Panjang

Namanya juga beli konsol game second / bekas, barang yang kita dapat bisa saja bermasalah atau banyak minusnya. Nah, fasilitas asuransi / garansi untuk pembeli inilah yang perlu dipertimbangkan.

Kalau harus memberikan saran, saya akan merekomendasikan kamu untuk beli konsol game bekas di toko GopayLess Shop, ini nggak endors ya, tapi emang toko ini sudah diuji banyak gamer di komunitas, ada garansi tukar unit baru, & barang yang didapat masih layak pakai. Masa garansinya panjang, yaitu 3 bulan!

Di toko GopayLess Shop, saya membeli konsol Nintendo 3DS bekas dengan harga 640ribu dengan kualitas barang yang masih layak dan konsolnya sudah setahun lebih saya pakai, masih awet, dan enak dipakai bermain game sampai tulisan ini dipublikasikan.

3. Gabung Forum Gamer & Konsultasikan Konsol Game yang Ingin Kamu Beli dari Toko Marketplace kepada Anggota Forum

Ini saya baru gabung ke forum gamer di akhir 2023 sih, forumnya ada di telegram, admin forumnya adalah kreator yang membahas spesialisasi topik konsol game retro / lawas yang sudah pasti ahli soal beli konsol game second.

Dari forum ini, saya bisa dapetin konsol game PS1 seharga 100ribu, playstation 2 dengan harga 200ribu, & PSP dengan harga yang murah; 450ribu.

Nama forumnya; Retro n Random, forum ini, ada gamer yang ahli tentang konsol Nintendo, Playstation, hingga Xbox, jadi kalau kita mau beli salah satu konsol bekas dari ketiga brand tersebut, kita bisa konsultasi dengan anggota forum tersebut terkait keamanan toko tempat kita akan beli konsol game bekasnya.

4. Hindari Beli Konsol Game Bekas dari Orang yang Mengaku Jadi Middler / Perantara Saat COD

Buat yang suka beli konsol game dengan cara COD, kamu harus bertemu dan bertransaksi dengan sellernya langsung ya. Kalau ada kontak orang tidak dikenal yang mengaku-ngaku bahwa dia adalah teman si seller dan meminta transaksi lewatnya, jangan mau!

Si perantara ini tidak hanya merugikan pembeli karena membawa lari uangnya, tapi nama baik seller pun bisa jadi buruk karena calon pelanggannya kecewa karena ulah perantara palsu yang mengaku perwakilan dari seller asli.

Kasus ini pernah menimpa teman saya, dia ada di posisi calon pembeli, untungnya ia tidak memberikan uangnya kepada si perantara palsu ini dan bertemu sellernya langsung.

Kesimpulan

Sekali kamu sudah mentrasfer uangmu ke rekening penipu online, kamu sudah tidak memiliki uang tersebut, & jangan harap uangnya bisa kembali. Konsol game nggak dapet, uang pun hangus.

Untuk menghindari kasus penipuan online ini, kamu bisa lebih hati-hati dan menerapkan panduan yang sudah saya buat di artikel ini. Well, semoga tulisan ini bermanfaat buatmu ya.



Referensi Pustaka & Dokumentasi

List Referensi :
  • Dokumentasi pribadi
  • Referensi Pustaka: Pengalaman Pribadi
  • Dokumentasi gambar: https://www.instagram.com/thesimplesum/
  • Freepik.com