Add to Collections
Rating
Review at:

Steam: Marketplace Game Global, Siap Dukung Industri Game Lokal Indonesia

Steam siap dukung developer game Indonesia di kancah global.

Industri game tanah air perlu bangga, pasalnya, mulai akhir tahun 2023 dan seterusnya, Steam yang merupakan salah satu brand marketplace game kelas internasional, akan mendukung industri game lokal di Indonesia

Event IGDX ini sendiri diadakan di Bali pada tanggal 11 sampai 13 Oktober 2023 kemarin, 3 bulan lalu ketika artikel ini dirilis, di event ini, salah saru representatif Steam, yaitu Erik Peterson berkesempatan menjadi speaker dalam acara tersebut. Topik yang ia bahas adalah keseriusan Steam untuk ikut membantu industri game Indonesia.

Dalam persentasinya di event IGDX 2023, ia mengatakan bahwa Steam sebagai platform market untuk game pc tingkat internasional, sudah mendukung industri game lokal di Indonesia sejak awal tahun 2023, berikut dukungan yang telah diberikan pihak Valve selaku pemilik dan pengembang Steam untuk Indonesia;

Dukungan Steam untuk Game Indonesia :
  • 1. Menyediakan fitur dukungan bahasa Indonesia di platform marketplace game pc miliknya. Hal ini bisa memudahkan pembeli dari Indonesia membeli game buatan tanah air.
  • 2. Membawa bahasa Indonesia ke dalam berbagai game milik Valve seperti Counter Strike 2 dan DOTA 2.
  • 3. Dan bagian terbaiknya, Steam menyediakan store khusus berisikan game lokal asal Indonesia.

Menyoal dukungan store game lokal Indonesia, semua member steam baik itu dari Indonesia atau Internasional, bisa mengakses dan membeli game buatan developer Indonesia. Menarik, bukan?

Store game Indonesia ini mulai dikenalkan ke publik sejak diadakannya acara IGDX 2023, kamu bisa tahu game apa saja yang baru dirilis versi demo, sampai game yang sudah siap dirilis dalam waktu dekat, semuanya bisa kamu temukan di store steam IGDX berikut ini: Steam Store Indonesia.

Lebih jauh lagi, melalui presentasinya, Erik menjelaskan tips dan trik kepada para developer game Indonesia untuk terus bisa berkarya dan merilis gamenya di platform Steam, karena ada banyak fitur yang telah disediakan Steam yang bisa membantu berbagai game anak bangsa untuk bisa berkembang, dikenal, dan terjual di skala global.

Menariknya lagi, Erik berkata bahwa Steam tidak mengambil komisi apapun, baik itu sistem ads atau iklan, ketika mempromosikan game buatan developer Indonesia di platform ini. Oleh karena itu, semua developer akan mendapatkan perlakuan yang sama, jika gamenya bagus, maka steam akan menampilkannya ke halaman utama agar lebih dikenal dan terjual lebih banyak lagi.

Sekian berita baik dari industri game tanah air dari Daily Gamer Pro, yuk dukung terus game developer asal Indonesia dengan cara mempromosikan, membeli, dan memainkan game mereka.



Referensi Pustaka & Dokumentasi

List Referensi :
  • Website Gimbot: https://www.gimbot.com/igdx-2023-bagaimana-valve-steam-siap-mendorong-industri-game-indonesia/