Add to Collections
Rating
Review at:

Grammarian LTD: Game yang Bikin Kamu Jago Grammar B.Inggris

Grammarian LTD mendobrak stigma sosial terkait cara baru dan menyenangkan belajar grammar bahasa Inggris!

Kenapa kamu suka atau berminat mempelajari bahasa Inggris? Well, jawabannya pasti beragam, bagi saya, bahasa Inggris nyata-nya tidak bisa dipisahkan dengan hobi bermain game di waktu kecil.

Ketika saya masih kecil, tepatnya saat SD, hampir semua game yang saya mainkan di playstation 1 & 2 menggunakan bahasa Inggris.

Dari sini saya penasaran, apa sih yang karakter favorit di game kita bicarakan, pengen mahamin plot cerita lebih jelas lagi, dan semuanya hal itu baru bisa saya pahami kalau udah bisa bahasa Inggris.

Dialog & cerita di game yang dulunya belum saya pahami, mendorong saya untuk bisa menguasainya; well, setidaknya bisa paham dengan obrolan dan plot ceritanya.

Tapi minat saya belajar B.Inggris semakin menurun setiap kali bertemu dengan guru, dosen, tutor yang menomorsatukan tata bahasa; "Kalau nggak bisa grammar sama aja kamu bodoh!" - Begitu kata mereka.

Dan akhirnya, sepertinya "Inner child" di dalam diri saya mulai "membenci" satu topik di pelajaran bahasa Inggris ini; Grammar.

Bahkan sampai kuliah pun, saya & teman-teman seangkatan selalu bermasalah dengan 3 level mata kuliah grammar; basic, intermediate, & advance yang berakhir dengan nilai yang pas-pasan bahkan pernah dapet nilai E!

Kalau dapat nilai "E", itu berarti nggak lulus, dan harus mengulang mata kuliahnya di tahun depan. Dengan segala upaya yang bisa saya lakukan, sekalipun nggak enak, bosen parah, dan kadang muak ketika berurusan dengan lembaran set soal grammar, saya berhasil memperbaiki nilai mata kuliah tata bahasa, dari E jadi A.

Kadang, saya suka berandai-andai; "Ada nggak sih game yang mengusung tema edukasi bahasa inggris yang fokus bantuin orang-orang yang mau belajar grammar dengan format yang seru dan menyenangkan?" - Dulu mungkin belum ada, tapi sekarang ternyata sudah ada, nama game-nya adalah Grammarian LTD.

Mengenal Game Grammarian LTD: Buang Buku Grammar Tebalmu & Ganti Media Belajarmu dengan Game Grammarian!

Well, ringkasnya, kamu akan memainkan karakter utama yang melamar pekerjaan ke Grammarian LTD. Kamu berhasil diterima namun pekerjaanmu tertukar dengan orang lain & disinilah cerita perjalananmu sebagai anak intern grammar validator dimulai!

1. Plot Cerita Game Grammarian LTD

Game Grammarian LTD sendiri mengambil plot waktu di tahun 2099, di tahun ini, terpilihlah seorang presiden dunia bernama Baroque Omaha yang memberikan mandat untuk menomorsatukan grammar bahkan mendirikan sebuah lembaga bernama Grammarian LTD yang bertugas mengecek dan memvalidasi kemampuan grammar seluruh warga dunia harus tepat dan benar. Jika kemampuan grammar mereka buruk, konsekuensi yang mereka hadapi adalah dipenjara di Grammar Jail!.

Game dimulai ketika kamu mulai bekerja sebagai intern grammar validator di Grammarian LTD. Disini, pemain akan diminta untuk menyelesaikan beragam tantangan grammar melalui dokumen, memo, atau arsip yang diberikan klien untuk dicek validasinya. Setiap kesalahan tertulis harus kamu perbaiki.

Meskipun seklias tugas memvalidasi terlihat mudah, tapi keseharianmu sebagai grammar validator akan penuh tantangan karena tidak semua dokumen tersebut aman sehingga kamu perlu melaporkannya kepada atasan di lembaga Grammarian LTD.

Selain memeriksa dan menyortir beragam dokumen yang masuk ke meja kerja milikmu, pemain juga akan mendapatkan gaji yang bisa digunakan untuk berbelanja. Menarik, bukan?

2. Gameplay Grammarian LTD

Setelah mengenal plot cerita gamenya, kita beralih ke sisi gameplay. Grammarian yang mengusung konsep kolaborasi entertainment dan edukasi mengemas proses pembelajaran grammar bahasa Inggris dengan cara yang unik dan lebih seru ketimbang belajar lewat buku grammar yang tebal!

Setiap dokumen yang harus kamu validasi, tersedia fitur brief berisi materi pembelajaran grammar ringkas yang bisa membantu para pembelajar grammar pemula, tentu fitur ini sangat membantu para pemain yang masih awam dengan grammar. Berikut bentuk brief dokumennya:

Dalam keseharianmu bekerja sebagai grammar validator, kamu akan mendapatkan tugas untuk mengecek dan memperbaiki kesalahan penggunaan grammar atau setidaknya mengerjakan tugas dasar diawal game seperti menandai tata bahasa spesifik seperti mencari "plural nouns (Kata benda jamak)" di dokumen klien seperti ini:

Saat bekerja, sebagaimana game pada umumnya, akan ada timer mundur yang memacu pemain agar bisa menyelesaikan tugas harian dengan cepat. Namun jangan terburu-buru ya, karena jika kamu melakukan kesalahan, mood energy mu akan berkurang yang tentunya mempengaruhi kinerjamu bekerja, plus gaji milikmu pun akan dikurangi untuk setiap kesalahan yang kamu lakukan.

Setiap kamu selesai bekerja, kamu akan mendapatkan gaji harian begitu pulang kerja. Uang tersebut bisa kamu gunakan untuk berbelanja barang, makanan, hingga tempat tinggal lho! Jadi, usahamu menyelesaikan dokumen di lembaga Grammarian LTD menjadi aktifitas yang "Rewarding" banget.

Game grammarian ini tak ubahnya game simulasi mirip the sims, kamu harus menjaga mood energy karakter game milikmu, mengatur keuangan, dan mengalokasikan gaji tersebut sebaik mungkin untuk keperluan upgrade apartemen dan lainnya. Dari segi gameplay, cara bermainnya cukup mudah, sisi edukasinya pun disediakan dengan baik

Bahkan ada momen dimana kamu bisa berduel dengan rekan kerja untuk kenaikan promosi berdasarkan kompetensi kamu dalam grammar, jadi nggak ada tuh rekan kerja dapet promosi karena menjilat atasan atau pakai orang dalam :p

Kesimpulan Game Grammarian LTD

Dari hasil pengamatan kami mengenai game ini, publisher dan developer; Algorocks & Simpleton, berhasil menawarkan game simulasi edukasi bahasa Inggris yang tidak monoton layaknya aplikasi belajar yang bertebaran di Google Play Store / App Store. Karena ada sisi "Bermain Game" nya yang dikemas dengan baik, karakter nan imut dan lucu bikin kamu pengen balik lagi ke game ini biar karaktermu bisa naik pangkat dari anak intern jadi expert grammar validator di Grammarly LTD.

Setiap kali mengerjakan dokumen pun akan ditemani musik yang enak didengar namun tak mengganggu proses bermain dan belajar disaat bersamaan. Kalau masih awam soal grammar pun, Algorocks selaku publisher dan pengembang ini sudah menyematkan fitur brief yang bisa digunakan pemain untuk mempelajari grammar di tiap dokumen yang harus diperiksa.

Akhir kata, game Grammarian ini cocok menjadi media pembelajaran grammar yang menyenangkan dan pastinya bebas dari tekanan tenaga pendidik yang melabeli muridnya sebagai "Anak bodoh!" hanya karena belum mahir dalam hal tata bahasa Inggris. So, game ini worth ini untuk kamu mainkan!



Referensi Pustaka & Dokumentasi

List Referensi :
  • Website official Algorocks: https://algo.rocks/grammarian-ltd-master-english-grammar-playfully/
  • Jagatplay:https://jagatplay.com/2022/04/features/review-grammarian-ltd-indo-versus-inggris/2/
  • Pocket Gamer: https://www.pocketgamer.com/grammarian-ltd/mobile-review/
  • Nawala Karsa: https://nawalakarsa.id/game-teknologi/review-grammarian-ltd/
  • Game Crater: https://www.thegamecrater.com/grammarian-ltd-pc-review/
  • Gimbot: https://www.gimbot.com/review-grammarian-ltd/
  • Gamespew: https://www.gamespew.com/2023/01/grammarian-ltd-review/