Add to Collections
Rating
Review at:

Minimalist Gaming: Jadi Lebih Bahagia Lewat Bermain Game

Minimalist gaming mengajak kamu untuk menikmati esensi bermain game, yaitu membahagiakan diri.

Setiap tahun gamer selalu ditekan komunitas game untuk ikut meramaikan game dan konsol baru dengan cara membelinya, biar nggak ketinggalan tren - katanya. Tapi nyatanya banyak gamer yang merasa lelah dengan sisi negatif yang ada di komunitas game ini.

Padahal alasan kita mencintai game adalah karena aktifitas ini sangat menyenangkan. Hal ini mengingatkan saya dengan kilas balik saat pertama kali memainkan game pertama saya ketika kecil; mario, pokemon, harvestmoon, digimon, crash bandicoot, dan game masa kecil lainnya yang saya mainkan.

Yang saya ingat dan rasakan masih sama hingga tulisan ini dibuat; kesenangan dan rasa bahagia setiap kali memainkan game kesukaan.

Meski dulu ketika masih kecil belum punya uang yang cukup untuk punya game konsol sendiri, saya tetap senang, toh masih bisa main di rental game, apalagi mainnya bareng banyak teman, rasa senangnya dobel.

Ketika dewasa, rasanya ekosistem komunitas game punya sisi yang membuat saya lelah dan tak sanggup jika harus mengikuti tren tersebut, kemudian saya mengenal istilah minimalist gaming dan tertarik untuk menerapkannya dalam hidup saya. Yuk kenalan dengan Minimalist Gaming lewat tulisan ini.

Mengenal Minimalist Gaming, Manfaat, & Cara Menerapkannya di Hidup Kita

Bagi masyarakat umum mungkin agak jarang dan kasuistis sekali melihat ada gamer yang ingin menerapkan gaya hidup minimalisme ya. Pasti belum tergambar bagaimana penerapan minimalisme di dunia game, lewat artikel ini, saya ingin bercerita tentang hal tersebut, baca sampai habis ya.

1. Apa Itu Minimalist Gaming?

Sebagaimana yang kita tahu, minimalisme adalah gaya hidup yang fokus pada hal esensial dalam hidup dan bisa membuat kita bahagia dengan yang sudah dimiliki saat ini.

Jika minimalisme dikaitkan dengan game atau minimalist gaming, artinya; sebagai gamer, kita hanya akan membeli dan memainkan game yang kita sukai saja tanpa terpengaruh atau takut ketinggalan tren yang sedang ramai di komunitas game sehingga pengalaman bermain game jadi lebih menyenangkan dan bebas tekanan.

2. Kenapa Gamer Perlu Menerapkan Minimalist Gaming?

Sebagai gamer yang terjun ke dunia kreator pembuatan konten website, saya memang merasakan banyak tekanan dari komunitas game seperti;

Tekanan yang dialami gamer :
  • 1. Dipaksa untuk membeli game baru karena fomo agar bisa membuat konten ulasan tentang game tersebut
  • 2. Terpengaruh untuk mengoleksi semua seri konsol game Playstation, Nintendo, & Xbox
  • 3. Menjadi impulsif buyer setiap kali ada info konsol game dengan harga miring, kalau telat beli, direbut buyer lain di komunitas

Dari semua list tersebut, semuanya mengarah kepada satu hal; "Gamer seakan dipengaruhi untuk mengeluarkan uang secara terus menerus agar tidak ketinggalan tren di komunitas game saat ini".

Tentunya gaya hidup tersebut tidak baik untuk kesehatan finansialnya. Harusnya bisa nabung dana darurat, budgeting bulanan, beli kebutuhan, eh malah dialihkan beli barang non-kebutuhan utama yang pada akhirnya merugikan diri sendiri.

Kalau sudah begini, gamer bisa saja masuk jebakan finansial karena lebih mementingkan memenuhi wishlist beli game dan konsol keluaran terbaru sekalipun kemampuan finansial belum mampu. Misalnya saja menggunakan layanan paylater atau pinjol untuk beli konsol PS 5 demi kelihatan kaya dimata gamer lain di komunitas.

Padahal mengambil utang konsumtif itu tidak baik apalagi kita tidak punya kemampuan untuk membayar hutang pokok dan bunganya yang naik perharinya.

Maka dari itu, saya sebagai gamer sekaligus kreator web di topik gaming, ingin merubah kebiasaan tersebut dan beralih menerapkan gaya hidup minimalist gaming.

3. Manfaat Minimalist Gaming

Minimalist gaming memberikan manfaat yang dampaknya cukup melegakan hati jika diterapkan dalam aktifitas keseharian saat bermain game. Ini dia manfaatnya untuk para gamer:

3.1 Punya Lebih Banyak Uang / Tabungan

Dengan menjadi minimalist gamer, kamu bisa memprioritaskan game dan konsol mana yang paling kamu butuhkan. Dan kamu pun tidak punya keharusan untuk membeli semua seri game konsol dari banyak perusahaan game ternama dan game rilisan terbarunya.

Menerapkan minimalisme dalam berbelanja game yang penuh kesadaran bisa menyelamatkan kesehatan finansialmu agar tidak terjebak hutang yang tak berkesudahan.

3.2 Punya Lebih Banyak Waktu

Masalah klasik yang dihadapi gamer yang sudah beli banyak game baru adalah "Nggak punya waktu buat mainin dan namatin semua game yang sudah dibeli" karena bentrok dengan aktifitas wajib diluar bermain game; bekerja, beres-beres rumah, dan kegiatan esensial lainnya.

Kalau kamu menerapkan minimalist gaming, kamu bisa fokus beli 1 game, mainkan hingga tamat, baru deh beli game baru. Kegiatan esensial seperti bekerja pun bisa berjalan beriringan dengan hobi bermain game kesukaanmu.

Manfaat yang terasa adalah kamu punya kuasa atas waktumu, mana waktu untuk bermain game dan waktu untuk bekerja. Beda ceritanya kalau kamu abis borong 20 judul game baru, punya ambisi namatin 20 game pastinya nggak bakalan bisa karena berbenturan dengan jadwal kerja yang sama pentingnya.

So, gamer, jadi minimalis kasih kita power atau kuasa atas waktu yang kita miliki.

3.3 Terbebas dari Tekanan & Stress

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis pada hobi bermain game, kita bisa terbebas dari stress. Kita nggak lagi takut ketinggalan tren harus beli game baru, konsol baru, aksesoris game baru, gaming setup baru, dan infinity wishlist tanpa batas lainnya.

Kita hanya akan membeli dan memainkan game yang kita butuhkan saja karena memang suka dengan game tersebut. Hasilnya, ruangan kamarmu jadi lebih tertata rapih karena kamar tidak dipenuhi banyak konsol game yang butuh banyak tempat.

Bergerak pun jadi lebih leluasa, apalagi kalau kamarmu kecil, punya sedikit barang sangat menenangkan.

Kita nggak perlu keluar uang banyak tapi game nya nggak pernah dimainkan dan berdebu di lemari. Kita juga nggak perlu menghabiskan banyak waktu untuk merawat dan membersihkan konsol game yang sudah berdebu karena jumlah konsol yang kita punya sedikit, waktu untuk membersihkan pun jadi lebih singkat.

Bisa say good bye dengan "fear of missing out" atau FOMO, kita nggak lagi terpengaruh dan tertekan untuk beli game baru di hari perilisan game nya, karena kita bisa beli dilain waktu dengan harga yang lebih terjangkau.

See? Minimalist gaming benar-benar bermanfaat untuk kesehatan mental gamer. Karena sejatinya bermain game itu harus menyenangkan dan tanpa beban, minimalisme ada untuk itu.

4. Cara Menerapkan Minimalist Gaming

Setelah tahu manfaatnya, penasaran nggak sih gimana cara nerapin minimalist gaming dalam keseharian? Well, rasa penasaranmu bakalan terjawab lewat 3 tips yang udah saya tuliskan dibawah ini:

4.1 Beli Konsol dan Game yang Kamu Butuhkan Saja

Oke, meski kata "butuh" identik dengan mengorbankan "keinginan", nyatanya, di tips pertama ini lebih menekankan kamu untuk memilih game terbaik yang paling ingin kamu mainkan hingga tamat. Dengan begitu, semua game yang dibeli bisa terpakai dan terus kamu mainkan seterusnya.

Kamu pun tidak harus membeli semua seri konsol playstation, nintendo, atau xbox, pilih saja satu seri yang paling kamu inginkan dan nikmati permainannya.

Saya sendiri sudah mempraktekkan poin pertama ini hanya dengan membeli konsol yang ingin saya miliki, yaitu playstation 1, playstation 2, & Nintendo 3DS.

Bisa dibilang konsol PS1 & PS2 masuk kategori konsol retro alias jadul, well, saya membelinya untuk mengingatkan kenangan kecil, dulu mamah membelikan PS1 tapi konsolnya sudah rusak, jadi saya membelinya kembali untuk mengingat momen dapet hadiah tersebut dari mamah.

Beli konsol PS2 karena dulu, saya belum mampu membelinya dan baru bisa memainkannya lewat jasa rental PS dekat rumah, enaknya sih bisa main bareng teman, tapi di usia 20-an akhir seperti sekarang ini, bermain game di rumah jadi opsi yang cukup rasional, khususnya buat introvert yang suka dengan ketenangan.

Terakhir, sebagai anak yang lahir di era 90-an, saya tidak pernah menyentuh atau mengenal konsol game buatan Nintendo, jadi saya ingin mencoba menikmati game Nintendo yang belum pernah saya mainkan.

Harga yang harus saya keluarkan kalau beli harga normal untuk membeli ketiga konsol tersebut adalah 2,5 juta, tapi saya mencari alternatif lain agar harganya bisa murah dengan cara membeli barang preloved, hasilnya; saya hanya mengeluarkan uang 1 juta, lumayan, hemat 1,5 juta. :)

4.2 Jual Koleksi Game Lama Milikmu yang Jarang Dimainkan

Daripada kaset game dibiarkan berdebu di lemari dan ujung-ujungnya rusak, lebih baik kamu jual dengan harga lebih murah dari harga pasaran. Minat orang-orang beli barang pre-loved cukup tinggi kok, apalagi membeli barang pre-loved lebih menguntungkan untuk pembeli karena bisa tahu kondisi barang seutuhnya dari pemilik lama.

Kamu dapat uang, dan pembeli bisa senang memainkan game yang mereka beli dari kamu.

4.3 Buat Batasan Waktu Bermain Game Agar Kamu Bisa Punya Waktu Mengerjakan Aktifitas Lain

Terakhir, sebagai minimalist gamer, kamu ingin punya life work balance yang seimbang, ada sesi bermain game, bekerja, dan istirahat. Cukup alokasikan waktu 1 - 2 jam perhari, sisanya kerjakan tugas di tempat kerja atau kegiatan menyenangkan lainnya.

Penutup

Minimalist gaming menawarkan sebuah ketenangan batin untuk membantu para gamer menyadari esensi dari bermain game adalah untuk menjadi lebih bahagia. Dan hal ini bisa terwujud dengan menerapkan gaya hidup minimalist gaming. Tertarik untuk menerapkan minimalisme di keseharian bermain game? Yuk coba & ceritakan pengalamanmu di kolom komentar.



Referensi Pustaka & Dokumentasi

List Referensi :
  • Dokumentasi pribadi
  • Famisafe: https://famisafe.wondershare.com/parenting-tips/why-minimalist-gmaing.html
  • Esportnesia: https://esportsnesia.com/penting/apa-itu-minimalist-gaming/
  • Freepik.com
  • Koonelu - Instagram: https://www.instagram.com/p/CBoRh6GnRx-/
  • Switchoutfit - Instagram: https://www.instagram.com/p/CE3q-QanJu8/?img_index=1
  • Nintendo of America - Instagram: https://www.instagram.com/p/B79p6RfnJQ9/?img_index=1