Add to Collections
Rating
Review at:

A Space for the Unbound: Game Indonesia Pertama yang Menang 2 Penghargaan Internasional

Game A Space for the Unbound jadi game pertama yang dapat penghargaan Internasional!

Di jaman dulu rasanya sangat jarang nama Indonesia menang sebuah awards internasional di Industri game. Kenapa demikian? Ya, karena masyarakat kita dikenal sebagai konsumen saja.

Ya nggak salah juga sih, soalnya market indonesia cukup besar dan ditargetkan publisher game internasional untuk menjualnya ke gamer Indonesia.

Plot twist-nya, di tahun 2022-2023, Indonesia akhirnya bergerak dan menorehkan prestasinya di ajang penghargaan internasional, tidak tanggung-tanggung, ada satu game bernama; "A Space for the Unbound" yang berhasil menyabet 2 penghargaan internasional sekaligus.

Sebelum membahas masing-masing nominasi atau penghargaannya, kurang lengkap rasanya kalau nggak bahas game nya ya. Yuk kenalan dengan game A Space for the Unbound.

Mengenal Game Indonesia: A Space for the Unbound

A Space for the Unbound adalah game petualangan slice-of-life yang mengambil latar kota kecil yang terinspirasi oleh pedesaan di era 90-an di Indonesia. Game ini mengisahkan tentang seorang remaja laki-laki bernama Atma yang harus mengalami pengalaman supranatural yang tidak bisa dijelaskan oleh logika.

Suatu ketika, Atma mengalami sebuah kecelakaan, ia terseret arus sungai yang deras di kala hujan lebat. Itulah kejadian terakhir yang bisa ia ingat, alih-alih tewas, Atma justru terbangun di sebuah kelas sekolahan.

Belum sempat memahami situasi yang terjadi, gadis yang duduk di depannya, Raya, mengaku sebagai pacar Atma. Jelas, Atma bingung dengan pernyataan gadis tersebut, tapi karena ia tak punya pilihan dan ingatan apapun, Atma pun mencoba mengikuti alur kenyataan baru yang masih belum ia mengerti.

Selama bermain game ini, kamu akan berperan sebagai Atma, kamu akan menemukan banyak kejanggalan yang terjadi, mulai dari kemampuan Atma untuk menyelami masuk ke pikiran orang lain dan mengubah sikap orang tersebut, Raya yang ternyata juga punya kekuatan supranatural, teman sekelas dan warga sekitar yang bertingkah aneh.

Mari ikuti petualangan Atma di universe kota kecil era 90-an yang penuh kenangan bagi orang Indonesia dan ungkap semua misteri dunia baru dimana Amta berada saat ini melalui game A Space for the Unboound.

Pencapaian #1: Mendapatkan Penghargaan Tokyo Game Show 2022 di Jepang

Kabar menggembirakannya, game A Space for the Unbound bisa dibilang sebagai game indonesia pertama yang bisa mendapatkan penghargaan dan diakui kualitasnya oleh pasar game Internasional.

Sebenarnya, game A Space for the Unbound buatan Mojikun Studio dan Toge Production ini belum rilis secara resmi ke publik di tahun 2022. Bagaimana ceritanya game ini bisa dapat nominasi penghargaan di TGS 2022 jika game-nya saja belum rilis?

Well, pertanyaan bagus! Hal ini memungkinkan berkat kerjasama antara Mojikun Studio dan Toge Production dengan publisher luar negeri bernama Chorus Worldwide. Publisher luar ini membawa dan memamerkan game A Space for the Unbound ini ke pameran game bergengsi di jepang, yaitu Tokyo Game Show (TGS) 2022.

Game A Space for the Unbound memenangkan nominasi menjadi satu di antara 10 buah game yang berhasil memenangkan penghargaaan “Future Award” di TGS 2022.

Future Award merupakan penghargaan yang diberikan untuk game-game belum rilis yang muncul di event TGS 2022, mewakili perhatian dan rasa ketertarikan gamer-gamer Jepang untuk mencicipinya di masa depan.

Seringnya dimenangkan oleh game-game dengan kelas AAA saja, apa yang berhasil dicapai A Space for the Unbound tentu saja pantas dirayakan karena berhasil mendobrak status quo di industri game internasional. Lantas, game lain apa yang berhasil mengunci penghargaan yang sama? Ini dia:

Pencapaian #2: Mendapatkan Penghargaan The Game Awards 2023

Masyarakat Indonesia patut bangga! Ekosistem industri game Indonesia yang dari dulu mendapat label sebagai "konsumen" sekarang berganti menjadi "produsen game kelas dunia" dengan menangnya game A Space for the Unbound di event game internasional.

Dengan adanya pencapaian ini, talenta muda di Indonesia kian dilirik industri game di pasar internasional.

A Space of the Unbound berhasil “membuktikan” eksistensinya sebagai salah satu game nominator di The Game Awards 2023. Game yang kental dengan atmosfer lingkungan dan bidaya Indonesia masuk di kategori “Games for Impact”.

Games for Impact adalah kategori yang diperuntukkan untuk game-game yang mampu menggugah pola pikir dan punya pesan sosial yang kuat. Seperti yang kita tahu, A Space for the Unbound memang mengeksplorasi ide, konsep, dan cerita yang berhubungan dengan hal-hal sensitif seperti ini.

Penutup: Apresiasi Game Lokal A Space for the Unbound dengan Membeli & Memainkannnya!

Kita patut bangga dengan karya anak bangsa yang mendunia. Oleh karenanya, kita bisa mendukung publisher dan developernya dengan membeli dan memainkan game A Space for the Unbound di PC, Playstation, Nintendo Switch, dan konsol lainnya yang kamu punya sebagai bentuk apreasiasi. Yuk mainin game nya!

Referensi:
https://jagatplay.com/2023/11/news/game-indonesia-a-space-for-the-unbound-masuk-nominasi-the-game-awards-2023/
https://jagatplay.com/2022/09/news/game-indonesia-a-space-for-the-unbound-menang-future-award-tgs-2022/
https://hybrid.co.id/post/a-space-for-the-unbound-japan-games-awards-2022
https://jagatplay.com/2023/01/features/review-a-space-for-the-unbound-standar-tertinggi-game-indonesia-saat-ini/4/