Add to Collections
Rating
Review at:

4 Game Indonesia Yang Berhasil Tembus Pasar Konsol PS5

Game developer internasional sering menargetkan konsumen dari Indonesia. Karena pangsa pasarnya besar. Stigma tersebut nggak sepenuhnya salah sih, karena faktanya kita adalah konsumen.

Tapi status quo tersebut sudah diruntuhkan semenjak banyak publisher dan developer game asal Indonesia membuat game mereka dan berhasil menembus pasar konsol playstation 5.

Penasaran game buatan dari Indonesia apa aja yang masuk ke pasar konsol terbaru milik Playstation? Yuk cari tahu!

4 Game Buatan Indonesia yang Berhasil Menembus Pasar Konsol PS5

Game yang ada di dalam list artikel ini punya konsep yang membawa nuansa Indonesia dan racikan kreatifitas dari masing-masing pengembangnya. Uniknya, game ini tidak hanya laris di Indonesia, tapi juga di luar negeri.

1. Kena - The Bridge of Spirits

Kena - The Bridge of Spirits mengambil pendekatan grafis game fantasi yang mirip dengan film-film buatan Disney dan Pixar dengan genre action yang terlihat menarik dan menantang.

Game ini menceritakan tentang seorang Spirit Guide sekaligus tokoh protagonis utama yang akan kita mainkan – Kena. Di game ini, kamu akan berpetualang menuju mountain shrine, selama perjalanannya, kamu diharuskan membebaskan banyak jiwa yang “tertahan” di dunia nyata karena belum menuntaskan urusan pentingnya atau terikat satu sama lain karena hubungan emosional yang kuat.

Tertarik untuk memainkan game Kena?

2. Tirta

Game Tirta berhasil tembus ke konsol Playstation 5, game ini mengusung tema bernuansa Bali dengan mengusung genre puzzle adventure.

ame ini menceritakan pendeta wanita yang akan menjelajahi Bali dan kepulauan di sekitarnya. Ia akan bertemu berbagai monster dan berurusan dengan beberapa ritual kuno yang harus ia selesaikan.

Tirta adalah game hasil kolaborasi antara Agate dan Telkom yang berambisi besar untuk memperkenalkan keindahan alam dan budaya Bali untuk pemain lokaldan Internasional.

3. Coral Island

Coral Island merupakan game farming sim buatan Yogyakarta yang berhasil tembus ke pasar playstation 5.

Bagi gamers kelahiran 90-an hinggan 2000-an pasti kenal dengan game harvestmoon, bisa dibilang, pengembangnya terinspirasi dengan game tersebut untuk membuat coral island.

Meskipun game farming sim ini mirip harvestmoon atau stardew valley, tetap ada poin uniknya, yaitu tersedia tanaman region Asia yang bisa kamu budidayakan di kebunmu dalam game Coral Island ini.

Selain bercocok tanam, kamu juga bisa beternak berbagai macam hewan seperti ayam, kambing, sapi, dan domba sampai binatang yang lebih unik, seperti llama, luwak, dan burung puyuh.

4. A Space for the Unbound

A Space for the Unbound adalah game petualangan slice-of-life yang mengambil latar kota kecil yang terinspirasi oleh pedesaan di era 90-an di Indonesia. Game ini mengisahkan tentang seorang remaja laki-laki bernama Atma yang harus mengalami pengalaman supranatural yang tidak bisa dijelaskan oleh logika.

Suatu ketika, Atma mengalami sebuah kecelakaan, ia terseret arus sungai yang deras di kala hujan lebat. Itulah kejadian terakhir yang bisa ia ingat, alih-alih tewas, Atma justru terbangun di sebuah kelas sekolahan.

Belum sempat memahami situasi yang terjadi, gadis yang duduk di depannya, Raya, mengaku sebagai pacar Atma. Jelas, Atma bingung dengan pernyataan gadis tersebut, tapi karena ia tak punya pilihan dan ingatan apapun, Atma pun mencoba mengikuti alur kenyataan baru yang masih belum ia mengerti.

Selama bermain game ini, kamu akan berperan sebagai Atma, kamu akan menemukan banyak kejanggalan yang terjadi, mulai dari kemampuan Atma untuk menyelami masuk ke pikiran orang lain dan mengubah sikap orang tersebut, Raya yang ternyata juga punya kekuatan supranatural, teman sekelas dan warga sekitar yang bertingkah aneh.

Mari ikuti petualangan Atma di universe kota kecil era 90-an yang penuh kenangan bagi orang Indonesia dan ungkap semua misteri dunia baru dimana Amta berada saat ini melalui game A Space for the Unboound.

Penutup

Kita patut bangga dengan karya game buatan anak bangsa, ternyata anak muda kita bisa membawa karyanya ke platform konsol bergengsi milik Sony Playstation 5. Yuk dukung game developer Indonesia dengan cara membeli dan memainkan game nya.